Prosesor Baru Gunakan Hisapan dan Tiupan

Jakarta – Sebuah teknologi prosesor baru yang unik telah dikembangkan. Bukannya menggunakan listrik, prosesor ini bekerja dengan prinsip hisapan dan tiupan angin.

Prosesor tersebut dikembangkan oleh dua peneliti, Minsoung Rhee dan Mark Burns, dari University of Michigan, Ann Arbor. prosesor itu menggunakan katup dan tabung udara untuk bekerja.

Seperti umumnya sistem komputer, prosesor ini memanfaatkan sistem binear dalam bekerja. Setiap hisapan udara dari dalam tabung akan menghasilkan angka 0, sedangkan tiupan yang memasukkan udara kembali ke dalam tabung akan menghasilkan angka 1.

Mikroprosesor yang dikembangkan oleh kedua peneliti itu bekerja pada tingkat 8-bit, bandingkan dengan prosesor 32-bit atau 64-bit yang saat ini lazim digunakan. Prosesor 8-bit dalam produk komersial bisa dilihat pada konsol game Nintendo Entertainment System yang marak di tahun 1980-an.

Meski baru berhasil dikembangkan pada tingkat laboratorium, kedua peneliti menilai ada banyak potensi penerapan teknologi prosesor berbasis angin ini. Salah satunya adalah untuk perangkat yang digunakan pada daerah terpencil yang tidak memiliki listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s